- panen91
- Ayu Ramadhanisa Raih Juara 3 Menembak Perbakin Cup Banjarmasin
- 4 Nominasi Bergengsi Diraih Drumband MTsN 2 Kota Banjarmasin
- siswi MTsN 2 Kota Banjarmasin Raih Medali Emas dalam Kejurprop Judo 2024
- MTsN 2 Kota Banjarmasin Peringati Hari Kesaktian Pancasila
- 4 Guru MTsN 2 Kota Banjarmasin Menjadi Instruktur Visitasi AKMI 2024
- Hari Rajin Menabung, Kamad : Menabung Cara Cermat Untuk Raih Impian Masa Depan
- MTsN 2 Kota Banjarmasin Gelar Peringatan Hari Santri Nasional 2024
- Survey Lingkungan Belajar, Kamad : Gambaran Informasi Tentang Profil Madrasah
- Keluarga Besar MTsN 2 Kota Banjarmasin Semarakan Maulid Akbar 1446 H
Implementasi P5 RA, MTsN 2 Kota Banjarmasin Agendakan Tiga Proyek Siswa
Banjarmasin (MTsN 2 Kota Banjarmasin) – Memasuki
semester genap, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Banjarmasin agendakan
tiga proyek untuk seluruh siswa kelas
VII dan VIII dalam penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-RA) sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.
Kepala Madrasah, Riduansyah,
M.Pd, mengatakan pada semester dua ini akan ada tiga tema untuk P5 RA yang akan
diimplementasikan oleh siswa kelas VII dan VIII sesuai “Untuk awal tahun ini,
P5-RA memasuki tema pertama, yaitu bangunlah jiwa dan raga. Untuk itu, mari
kita bersama saling koordinasi dan memberikan kontribusi untuk pelaksanaan
kurikulum merdeka. Kita terus menelaah dan mempelajari tentang implementasi
kurikulum ini dengan baik, melalui pengembangan P5-RA, dengan tujuan untuk
memberikan pengetahuan baru kepada siswa sekaligus mengembangkan potensi yang
dimiliki siswa melalui berbagai lomba di bidang seni,” katanya usai memberikan
arahan dalam rapat persiapan P5-RA untuk semester kedua,” Jum’at (26/01/24) di
ruang serbaguna.
Lebih lanjut, Riduansyah
menyampaikan guru bisa mengembangkan
P5-RA sebagai opsi
tambahan dalam rangka pembelajaran yang bernuansa kreatif dan
inovatif. “Di dalam KMA 347 tahun 2022
dijelaskan Kurikulum Merdeka di madrasah adalah kurikulum yang memberikan dan
mengutamakan kreativitas kepada siswa dalam belajar yang bisa diprogramkan
melalu P5-RA,” sampainya.
Baca Lainnya :
- Bangun Komitmen Bersama, Kamad: Jalin Kerjasama Dan Saling Berkoordinasi0
- Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme, Kamad Imbau Guru Harus Ikuti PKB0
- Budayakan 7S, Guru MTsN 2 Kota Banjarmasin Lakukan Sambut Kedatangan Siswa0
- Penertiban Disiplin Siswa, Wakamad : Tatib Madrasah Untuk Kebaikan Siswa0
- Jum’at Sedekah, Wakamad : Menumbuhkan Habit Siswa Untuk Berbagi0
Ditambahkan Riduansyah, esensi P5-RA adalah pembelajaran melalui proyek yang berpatokan pada esensi belajar,
di mana setiap siswa memiliki bakat
dan minatnya masing-masing.
“Untuk bulan Januari dan Februari kita agendakan proyek siswa, yang bertemakan
bangunlah jiwa dan raga dengan sub tema Rajin ibadahku, Sehat Jiwa dan Ragaku,”
tambahnya.
Kemudian Koordinator P5-RA, Tyas Alvionita Zahara, S.Pd.I,
mengungkapkan pengembangan P5-RA merupakan program yang holistik dan mencakup
hal-hal yang berkenaan dengan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
“Pembelajaran kreatif dan inovatif merupakan esensi dari pengembangan program
P5-RA. Pada kesempatan ini, saya mengajak siswa untuk mempersiapkan potensi dalam
mengikuti perhelatan pentas keagamaan, yang terdiri dari lomba Syarhil Qur’an,
Nasyid, Tahfidz, dan Fashion Show Muslimah ,” pungkasnya.